KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun Tugas Sejarah ini dengan baik dan
tepat waktu.
Tugas ini kami buat
untuk memberikan penjelasan Tentang Kehidupan Bangsa Indonesia Dalam
Mengembangkan IPTEK Pada Era Kemerdekaan. Semoga Makalah yang kami buat ini
dapat membantu menambah wawasan kita menjadi lebih luas lagi.
Kami menyadari bahwa
masih banyak kekurangan dalam menyusun Makalah ini. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan
guna kesempurnaan makalah ini.
Atas perhatian dan
waktunya, kami sampaikan terima kasih.
Paninggahan, 25 Januari 2019
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Revolusi Hijau
2.2 Teknologi
Transportasi
2.3 Teknologi
Kedirgantaraan
2.3 Teknologi Teknologi
Komunikasi Dan Informasi
2.4 Teknologi
Arsitektur Dan Konstruksi
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Ilmu pengetahuan
dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun
sejak indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi diIndonesia pada masa penjajahan dipelopori dan
diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda.Pada waktu itu masyarakat
diperkenalkan pada persenjataan modern baik yang ringan maupunyang berat.
Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa
kendaraantempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi
tersebut berasal dari negara-negaradi Eropa.Kemudian pemerintah kolonial
Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di
sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat
di indonesia.
Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. !asyarakat Indonesia mulai melakukan pergerakan
untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. disamping itu penggunaan ilmu
pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang
bangsa Indonesia.Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk
mencari informasi – informasi terkini mengenai keadaan dunia. oleh karena
itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantudengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan
teknologi. Pada masa kolonial perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belum begitu
maksimal.
Pemerintah
koloniallah yang menjadi penyebab perkembangan ilmu pengetahuan
danteknologi di indonesia. Pemerintah kolonial menghalangi aksesakses masuknya ilmu pengetahuan
dan teknologi dari barat ke Indonesia. mereka juga melakukan pelarangan
terhadap pendidikan bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.akibatnya
indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara di sekitarnya. secarakeseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
adalah sebagai berikut.
a)
Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi.
b)
Masyarakat
Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan IPTEK.
c)
Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri
Setelah merdeka perkembangan ilmu pengatahuan
dan teknologi berkembang pesat diIndonesia. hal ini didorong dengan terbukanya aksesakses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Kemerdekaan menciptakan keadilandalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. mereka
mempelajari sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk
semua kalangan.
1.2
Rumusan Masalah
a) Apa itu Revolusi
Hijau ?
b) Apa itu Teknologi
Transportasi ?
c) Apa itu Teknologi
Kedirgantaraan ?
d) Apa itu Teknologi Komunikasi
Dan Informasi ?
e) Apa itu Teknologi
Arsitektur Dan Konstruksi ?
1.3
Tujuan Penulisan
a) Kita Dapat
Mengetahui Revolusi Hijau.
b) Kita Dapat Mengetahui
Teknologi Transportasi.
c) Kita Dapat
Mengetahui Teknologi Kedirgantaraan.
d) Kita Dapat
Mengetahui Teknologi Komunikasi Dan Informasi.
e) Kita Dapat
Mengetahui Teknologi Arsitektur Dan Konstruksi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Revolusi Hijau
A. Pengertian
Usaha pengembangan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi
pangan. Mengubah dari pertanian yang tadinya menggunakan teknologi tradisional
menjadi pertanian yang menggunakan teknologi lebih maju atau modern.
Revolusi hijau diawali oleh Ford dan Rockefeller Foundation, yang
mengembangkan gandum di Meksiko (1950) dan padi di Filipina (1960). Revolusi
hijau menekankan pada SEREALIA: padi, jagung, gandum, dan lain-lain. (serealia
adalah tanaman biji-bijian)
Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting yaitu.
1) Penyediaan Air
Melalui Sistem Irigasi
2) Pemakaian Pupuk
Kimia Secara Optimal
3) Penerapan Pestisida
Sesuai Dengan Tingkat Serangan Organisme Pengganggu
4) Penggunaan Varietas
Unggul Sebagai Bahan Tanam Berkualitas
Melalui penerapan teknologi non-tradisional ini, terjadilah peningkatan
hasil tanaman pangan berlipat ganda dan memungkinkan penanaman tiga kali dalam
setahun untuk padi pada tempat-tempat tertentu.
Di negara kita Indonesia revolusi industri diterapkan dengan
ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian. Ekstensifikasi dengan perluasan
areal. Terbatasnya areal, menyebabkan pengembangan lebih banyak pada
intensifikasi. Intensifikasi dilakukan melalui Panca Usaha Tani, (lima usaha
tani)
1) Teknik pengolahan
lahan pertanian
2) Pengaturan irigasi
3) Pemupukan
4) Pemberantasan hama
dan pengunaan Bibit Unggul
B. Latar Belakang
1) Pertambahan
penduduk yang pesat.
2) Lahan pertanian
yang sempit.
3) Kebutuhan pangan
yang meningkat akibat pertambahan penduduk yang cepat.
4) Mengupayakan
penambahan hasil produksi pertanian untuk mengimbangi jumlah penduduk yang
pesat tersebut.
5) Kerusakan lahan
pertanian akibat ulah manusia seperti perang dan penebangan liar.
C. Tokoh
Ketika angka kebutuhan lebih tinggi dari ketersediaan, maka terjadilah
krisis. Kekhawatiran terhadap krisis pangan pertama kali dikeluarkan oleh
Thomas Robert Malthus (1766 – 1834). Malthus mengeluarkan teori yang sangat
populer, yakni laju pertambahan penduduk meningkat berdasarkan deret ukur,
sedangkan produksi pangan berdasar deret hitung.
Deret ukur dalam pemahaman Malthus diartikan sebagai terjadinya
peningkatan berdasar kelipatan yakni; 1, 2, 4, 8, dan seterusnya. Sedangkan
deret hitung menjelaskan bahwa peningkatan terjadi berdasar penambahan tetap
dengan angka variabel penambah 1, yakni 1, 2, 3, 4 dan seterusnya.Dengan kata
lain, teori Malthus hendak mengingatkan kepada kita, bahwa secara alamiah
generasi yang akan datang akan memiliki permasalahan yang lebih kompleks
berkaitan dengan ketersediaan pangan, dibanding dengan generasi sebelumnya. Maka
solusi yang ditawarkan kemudian adalah bagaimana menekan laju pertambahan
penduduk. Di Indonesia kemudian diadakan program keluarga berencana (KB) dengan
jargon catur warga, dua anak cukup.
Revolusi Hijau di Indonesia di mulai sejak berlakunya UU Agraria
pada tahun 1870 yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Belanda,
sehingga di Indonesia dapat dikembangkan berbagai jenis tanaman. Dalam
perkembangan kemudian , pada masa Orde Baru, program Revolusi Hijau
digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan
produksi pangan di Indonesia, terutama produksi beras. Revolusi
Hijau ini dilaksanakan sebagai secara sistematis, terprogram, dan
terus –menerus sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Hal itu dibuktikan dengan Indonesia mampu meningkatkan swasembada pangan yaitu
penghasil beras sehingga Presiden Soeharto mendapat penghargaan Nobel.
D. Usaha – Usaha
Usaha yang dilakukan pemerintah Orde Baru untuk meninggatkan swaembada
pangan nasional yaitu,
1) Program Bimbingan
Massal (Bimas) untuk meningkatkan produksi beras.
2) Program
Intensifikasi Massal (Inmas) yang merupakan kelanjutan Bimas.
3) Program
Intensifikasi Khusus (Insus) yang merupakan upaya peningkatan produksi per
unit.
4) Program Supra
Intensifikasi Khusus (Supra Insus) yang dapat meningkatkan swasembada beras.
Program-program di atas dikembangkan melalui intensifikasi pertanian,
yaitu upaya peningkatan produksi per unit dan eksensifikasi, yaitu upaya
perluasan areal pertanian.
Revolusi Hijau di
Indonesia diformulasikan dalam konsep Pancausaha Tani dan Saptausaha Tani.
Pancausaha Tani mamiliki langkah-langkah yaitu:
1) Pemilihan dan
penggunaan bibit unggul atau varietas unggul.
2) Pempupukan yang
teratur.
3) Pengairan yang
cukup.
4) Pemberantasan hama
secara intensif
5) Teknik penanaman
yang lebih teratur
Untuk meningkatkan
produksi pangan d an produksi pertanian umumnya dilakuan dengan empat usaha
pokok, yaitu sebagai berikut.
1) Intensifikasi
pertanian : usaha meningkatkan produksi pertanian dengan menerapkan panca usaha
tani.
2) Ekstensifikasi pertanian
: usaha meningkatkan produksi pertanian dengan membuka lahan baru termasuk
usaha penangkapan ikan dan penanaman rumput untuk makanan tenak.
3) Diversifikasi
pertanian : usaha meningkatkan produksi pertanian dengan
keanekaragaman usaha tani.
4) Rehabilitasi
pertanian : usaha meningkatkan produksi pertanian dengan
pemulihan kemampuann
daya produktivitas sumber daya pertanian yang sudah kritis.
Sedangkan Saptasauna Tani memiliki langkah-langkah serupa Pancausaha Tani
ditambah pengolahan dan penjualan pascapanen.Revolusi Hijau di Indonesia
memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan bagi masyarakat Indonesia yaitu.
A. Keuntungan:
1) Masalah pangan
nasional teratasi.
2) Menenal aneka
jenis tanaman.
3) Ditemukan bibit
unggul.
4) Keseejahteraan
petani makin baik.
5) Pendapatan petani
meningkat.
B. Kelemahan:
1) Pencemaran
lingkungan yang disebabkan oleh pengunaan pupuk buatan dan pestisida hijau
secara berlebihan.
2) Berkurangnya
keanekaragaman genetika jenis tanaman tertentu.
3) Kemampuan daya
produksi tanah makin turun.
4) Timbul urbanisasi.
5) Pencemaran tanah.
Adapun usaha yang
dilakukan pemerintah Orde Baru untuk membatasi kelemahan di atas adalah dengan
cara,
1) Membasmi serangga
dan hama tanaman secara biologi.
2) Menggunakan pupuk
buatan, yaitu pupuk kandang dan pupuk hijau.
3) Menerapkan sistem
rotasi tanam, yaitu menanam tanaman secara bergantian.
E. Dampak Positif Dan Negatif
1. Dampak Positif
Produksi padi dan gandum meningkat sehingga pemenuhan pangan
(karbohidrat) meningkat. Salah satu contohnya bagi bangsa indonesia sendiri
adalah Indonesia yang tadinya pengimpor beras menjadi mampu swasembad beras.
2. Dampak Negatif
a) Penurunan produksi
protein, dikarenakan pengembangan serealia (sebagai sumber karbohidrat) tidak
diimbangi pengembangan pangan sumber protein dan lahan peternakan diubah
menjadi sawah.
b) Penurunan
keanekaragaman hayati.
c) Penggunaan pupuk
terus menerus menyebabkan ketergantungan tanaman pada pupuk.
d) Penggunaan
peptisida menyebabkan munculnya hama strain baru yang resisten.
2.2 Teknologi Transportasi
A. Macam – Macam
1. Transportasi Darat
Sarana angkutan melalui jalan darat disebut transportasi darat. Angkutan
darat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bermesin dan tidak bermesin. Angkutan
tidak bermesin bersifat tradisional. Berlangsung sejak dahulu. Misalnya,
sepeda, becak, delman, gerobak, dan sebagainya. Transportasi yang tidak
menggunakan mesin umumnya menggunakan hewan. Hewan-hewan itu biasanya hewan
besar, seperti kuda, sapi, unta dan sebagainya.
Angkutan darat yang menggunakan mesin bersifat modern. Harganya lebih
mahal. Daya angkut lebih cepat. Contohnya, sepeda motor, mobil, bus, kereta
api, dan sebagainya.Kereta api merupakan angkutan darat. Kereta dapat
mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah besar. Kereta api pertama dibuat
di Inggris oleh Stephenson tahun 1825. Perusahaan kereta api di Indonesia
didirikan tahun 1878. Industri kereta api Indonesia (INKA) di Madiun (Jawa
Timur). Kereta api mengalami kemajuan teknologi. Jenis kereta api ada dua,
yaitu kereta api listrik dan kereta api batu bara. Pernahkah kalian naik kereta
api? Bagaimana perasaanmu saat itu?
2. Transportasi Air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti
perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh
kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin
dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini
menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air.
Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh
jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai
landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.
3. Transportasi Udara
Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan
pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan
laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain
helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat
menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
B. Upaya Pemerintah
Pemerintah mengembangkan teknologi transportasi didorong oleh kebutuhan
manusia akan transportasi. Dengan adanya transportasi dapat memberikan
kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Secara umum pemerintah Indonesia pada masa
itu meningkatkan teknologi transportasi karena dengan adanya fungsi
transportasi yaitu, pertama memperlancar hubungan, pengangkutan dan interaksi
antar desa, antar kota, antar wilayah, antar pulau, bahkan antar Negara. Hal
ini dilakukan karena keadaan wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang
dipisahkan oleh perairan. Kedua, memperlancar mobilitas arus perperpindahan
penduduk, distribusi barang dan jasa serta informasi ke seluruh pelosok tanah
air.
Dari tahun-ketahun system teknologi transportasi di Indonesia semakin
meningkat. Pada masa pemerintahan orde baru teknologi transportasi dijadikan
sebagai program pembangunan. Hal ini dilaksanakan agar pemerintah Indonesia
dapat memberikan kemudahan bagi rakyat Indonesia untuk mengakses po tensi-po
tensi daerah lain. Kebijakan transportasi pertama kali yang dilakukan
pemerintah orde baru adalah melakukan ekspor alat transportsi umum berupa bus
secara besar-besaran, pembangunan terminal-terminal, serta jalan-jalan raya
penghubung antar daerah. Pelaksanaan program ini dilakukan oleh Departemen
Perhubungan. Kemudian pemerintah orde baru membentuk lembaga transportsi darat
yaitu Preusahaan Jawatan Kereta Api dan perusahaan umum angkutan bus yang
disebut Perum Damri.
Seiring dengan munsulnya era kebebasan perusahaan-perusahaan transportasi
mulai berkembang. Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan transportasi di
Indonesia. Disamping itu pemerintah indonesi juga mendirikan pabrik karoseri
atau pabrik perakitan alat-alat transportasi. Pendirian pabrik ini membawa
kemajuan transportasi yang sangat pesat di Indonesia. Bahkan sampai era
sekarang transportasi di Indonesia mengalami puncaknya hingga memunculkan
masalah kepadatan arus lalulintas dijalan . jalan-jalan menjadi padat dengan
bertambahnya alat-alat transportasi.
Secara umum teknologi transportasi di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yaitu daratan, lautan dan udara.
Secara umum teknologi transportasi di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yaitu daratan, lautan dan udara.
Adapun perkembangan transportasidi Indonesia di ketiga wilayah tersebut
adalah sebagai berikut :
1) Transportasi darat
2) Angkutan jalan raya
3) Angkutan kereta api
4) Penyeberangan dan
transportasi laut
5) Transportasi udara
Pemerintah sendiri dalam hal ini Depertemen Perhubungan telah mengajukan
utang luar negeri sebesar Rp.2,5 triliun untuk proyek transportasi pada tahun
anggaran 2007. Jumlah ini sama dengan jumlah pinjaman pada tahun sebelumnya.
Sekitar 20 % dari anggaran tersebut akan dipakai untuk pembangunan prasarana
fisik transportasi. Sementara sisanya untuk melanjutkan proyek pembangunan
sarana dan prasarana bidang transportasi khususnya realisasi pembangunan
infrastruktur perkeretaapian dan pembangunan kapal baru maupun bekas. Ini
artinya, dana sebesar itu digunakan untuk perbaikan dan mengadaan sarana-sarana
pendukung.
Disamping itu sarana-sarana pendukung yang telah dan akan diupayakan
pemerintah, sebenarnya prosedur keselamatan transportasi dan
peraturan-peraturan tentang keselamatan transportasi sudah ada di negara ini.
Hanya saja penerapannya belum dilaksanakan secara konsekuen. Bahkan kini
pemerintah telah menyusun 4 Rancangan Undang-Undang (RUU) menyangkut lalu
lintas, pelayaran, udara dan kereta api yang sedang digodok I DPR. Pengamat
bidang transportasi dari Universitas Gajah Mada Prof.Dr.Ing.Ir.Ahmad Munawar,
M.Sc. menjelaskan RUU ini sangat mendukung adanya privatisasi dalam proses
penyelesaian masalah transportasi di Indonesia.
Privatisasi ini diharapkan akan mendorong perusahaan-perusahaan
transportasi untuk lebih kompetitif dalam penyelenggaraan jasa transportasi
dengan tetap mengutamakan kepentingan umum dan kepuasan pengguna saja angkutan
umum. Meski privatisasi mempunyai kelemahan yaitu perusahaan akan mengejar
keuntungan saja, dan mengabaikan kualitas, karena itu harus dipagari dengan
suatu pemenuhan standar minimal pelayanan dan sistem kontrol yang ketat. Di
dalam RUU ini juga salah satu yang diatur adalah tentang hasil penyelidikan
KNKT terhadap kasus-kasus transportasi, yang harus diketahui oleh publik.
C. Dampak
1. Dampak Positif
a) Tingkat kenyamanan
saat berkendara semakin tinggi
b) Waktu yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan semakin cepat
c) Ilmu pengetahuan
dan teknologi semakin mudah diperoleh
d) Mempermudah akses
untuk memenuhi kebutuhan
2. Dampak Negatif
a) Menyebabkan polusi
udara
b) Menimbulkan
perilaku konsumtif
c) Membuat
ketergantungan dan kecanduan terhadap teknologi
d) Menyebabkan
kemacetan di jalan raya
D. Manfaat Dan Kegunaan
A. Manfaat
1. Manfaat
Sosial
Transportasi memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia yang
meliputi : Dalam kehidupan sosial / bermasyarakat ada bentuk hubungan yang
bersifat resmi, seperti hubungan antara lembaga pemerintah dengan swasta, maupun
hubungan yang bersifat tidak resmi, seperti hubungan keluarga, sahabat, dan
sebagainya. transportasi sangat membantu dalam menyediakan berbagai fasilitas
dan kemudahan.
2. Manfaat Ekonomi
Manusia memanfaatkan sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan pangan,
sandang, dan papan. Sumberdaya alam ini perlu diolah melalui proses produksi
untuk menjadi bahan siap pakai untuk dipasarkan, sehingga selanjutnya terjadi
proses tukar menukar antara penjual dan pembeli. Tujuan dari kegiatan ekonomi
adalah memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi
adalah salah satu jenis kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kebutuhan
manusia melalui cara mengubah letak geografi orang maupun barang. Dengan
transportasi, bahan baku dibawa ke tempat produksi, dan dengan transportasi
pula hasil produksi dibawa ke pasar. Para konsumen datang ke pasar atau
tempat-tempat pelayanan yang lain (rumah sakit, pusat rekreasi, pusat
perbelanjaan dan seterusnya) dengan menggunakan transportasi
3. Manfaat Politik
Bagi negara kepulauan seperti Indonesia, transportasi memegang peranan
penting. Beberapa manfaat politik transportasi, adalah:
a) Transportasi
menciptakan persatuan nasional yang semakin kuat dengan meniadakan
isolasi.
b) Transportasi
mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat dapat dikembangkan atau diperluas
secara lebih merata.
c) Keamanan negara
sangat tergantung pada transportasi yang efisien untuk memudahkan mobilisasi
kemampuan dan ketahanan nasional, serta memungkinkan perpindahan pasukan selama
masa perang atau untuk menjaga keamanan dalam negeri.
d) Sistem transportasi
yang efisien memungkinkan perpindahan penduduk dari daerah bencana.
4. Manfaat
Fisik
Transportasi mendukung perkembangan kota dan wilayah sebagai sarana
penghubung. Rencana tata guna lahan kota harus didukung secara langsung oleh
rencana pola jaringan jalan yang merupakan rincian tata guna lahan yang
direncanakan. Pola jaringan jalan yang baik akan mempengaruhi perkembangan kota
sesuai dengan rencana tata guna lahan. Ini berarti transportasi mendukung penuh
terhadap perkembangan fisik suatu kota atau wilayah.
B. Kegunaan
1. Lebih Efisien
Waktu
Masyarakat yang biasanya kerja dengan lokasi yang berada jauh dari rumah
tentunya sangat menyita waktu,tidak jarang dari mereka menyewa tempat tinggal
untuk rumah sementaa mereka. Dengan adanya kendaraaan,masyarakat tidak perlu
direpotkan lagi oleh hal seperti penyewaan rumah.
2. Lebih Menghemat
Uang
Mereka yang seharusnya mengeluarkan uang untuk penyewaan rumah atau
semacamnya akan lebih dimudahkan.
3. Harganya Lebih
Terjangkau
Mengapa tidak, kendaraan itu merupakan suatu barang yang terjangkau
karena hampir semua orang mempunyainya.
2.3 Teknologi Kedirgantaraan
A. Macam – Macam
Indonesia memang dikenal sebagai negara maritim, tetapi Indonesia juga
memiliki sejarah kedirgantaraan yang panjang untuk diketahui.Industri
penerbangan di Indonesia dimulai sejak tahun 1946 oleh Tentara Republik
Indonesia Angkatan Udara (TRI AU). Salah satu pelopor sekaligus pimpinannya
adalah Wiweko Supono. Pesawat yang pertama dibuat adalah pesawat layang jenis
Glider yang dinamai NWG-1.Pada tahun 1948 Indonesia kembali berhasil membuat
mesin pesawat pertamanya yang dikenal dengan nama RI-X. Pada masa ini banyak
bermunculan klub Aeromodelling, namun akhirnya dihentikan karena
muncul pemberontakan dan agresi Belanda.
Sejalan dengan prestasi yang telah diperoleh dan dalam rangka
mengembangkan hasil yang sudah dibuat, berdasarkan Keputusan Kepala Staf
Angkatan Udara Indonesia No 488 bulan Agustus 1960, didirikanlah Lembaga
Persiapan Industri Penerbangan (LAPIP). Lembaga ini diresmikan pada
tanggal 16 Desember 1961 dan bertugas untuk mempersiapkan pendirian industri
penerbangan dengan kemampuan untuk mendukung kegiatan penerbangan nasional di
Indonesia.Di era Orde Baru, industri penerbangan Indonesia mulai dipersiapkan
menuju komersialisasi.
Pada 1976 LAPIP berubah menjadi PT Industri Pesawat Terbang (IPT)
Nurtanio. Helikopter menjadi produk unggulan IPT Nurtanio seperti BO-105, Puma,
dan Super Puma. Beberapa pesawat penumpang sipil yang diproduksi antara lain
C-212 Aviocar dan CN-235.Namun, masa gemilang itu, hanya berlangsung hingga
tahun 1997. Krisis moneter yang melanda memutus pembiayaan untuk pengembangan
IPTN. Dampaknya, industri penerbangan Indonesia terpuruk dan baru bangkit
belakangan ini dengan nama PT Dirgantara Indonesia (DI).
B. Upaya Pemerintah
1. Pra Kemerdekaan
Sejak legenda pewayangan berkembang dalam bagian hidup kebudayaan dan
masyarakat Indonesia serta munculnya figur Gatotkaca dalam kisah Bratayuda yang
dikarang Mpu Sedah serta figur Hanoman dalam kisah Ramayana adalah
personifikasi pemikiran manusia Indonesia untuk bisa terbang. Tampaknya
keinginan ini terus terpupuk dalam jiwa dan batin manusia Indonesia sesuai
dengan perkembangan jamannya.Jaman Pemerintah kolonial Belanda tidak mempunyai
program perancangan pesawat udara, namun telah melakukan serangkaian aktivitas
yang berkaitan dengan pembuatan lisensi, serta evaluasi teknis dan keselamatan
untuk pesawat yang dioperasikan di kawasan tropis, Indonesia. Pada tahun 1914,
didirikan Bagian Uji Terbang di Surabaya dengan tugas meneliti prestasi terbang
pesawat udara untuk daerah tropis. Pada tahun 1930 di Sukamiskin dibangun
Bagian Pembuatan Pesawat Udara yang memproduksi pesawat-pesawat buatan Canada
AVRO-AL, dengan modifikasi badan dibuat dari tripleks lokal. Pabrik ini
kemudian dipindahkan ke Lapangan Udara Andir (kini Lanud Husein Sastranegara).
Pada tahun 1938 atas permintaan LW. Walraven dan MV. Patist - perancang
PK.KKH - dibuat lagi pesawat lebih kecil di bengkel Jl. Kebon Kawung, Bandung.
2. Pasca Kemerdekaan Dan Perang Kemerdekaan
Segera setelah kemerdekaan, 1945, makin terbuka kesempatan bagi bangsa
Indonesia untuk mewujudkan impiannya membuat pesawat terbang sesuai dengan
rencana dan keinginan sendiri. Kesadaran bahwa Indonesia sebagai negara
kepulauan yang luas akan selalu memerlukan perhubungan udara secara mutlak
sudah mulai tumbuh sejak waktu itu, baik untuk kelancaran pemerintahan,
pembangunan ekonomi dan pertahanan keamanan.
Pada masa perang kemerdekaan kegiatan kedirgantaraan yang utama adalah
sebagai bagian untuk memenangkan perjuangan merebut dan mempertahankan
kemerdekaan, dalam bentuk memodifikasi pesawat yang ada untuk misi-misi tempur.
Tokoh pada massa ini adalah Agustinus Adisutjipto, yang merancang dan menguji
terbangkan dan menerbangkan dalam pertempuran yang sesungguhnya. Pesawat
Cureng/Nishikoren peninggalan Jepang yang dimodifikasi menjadi versi serang
darat. Penerbangan pertamanya di atas kota kecil Tasikmalaya pada Oktober 1945.
Selain itu juga pada tahun 1948 berhasil dibuat pesawat terbang bermotor
dengan mempergunakan mesin motor Harley Davidson diberi tanda WEL-X hasil
rancangan Wiweko Soepono dan kemudian dikenal dengan register RI-X. Era ini
ditandai dengan munculnya berbagai club aeromodeling, yang menghasilkan
perintis teknologi dirgantara, yaitu Nurtanio Pringgoadisurjo.
Kemudian kegiatan ini terhenti karena pecahnya pemberontakan Madiun dan
agresi Belanda. Setelah Belanda meninggalkan Indonesia usaha di atas
dilanjutkan kembali di Bandung di lapangan terbang Andir - kemudian dinamakan
Husein Sastranegara. Tahun 1953 kegiatan ini diberi wadah dengan nama Seksi
Percobaan. Beranggotakan 15 personil, Seksi Percobaan langsung di bawah
pengawasan Komando Depot Perawatan Teknik Udara, Mayor Udara Nurtanio
Pringgoadisurjo.Berdasarkan rancangannya pada 1 Agustus 1954 berhasil
diterbangkan prototip "Si Kumbang", sebuah pesawat serba logam
bertempat duduk tunggal yang dibuat sesuai dengan kondisi negara pada waktu
itu. Pesawat ini dibuat tiga buah.
3. Upaya Pendirian Industri
Pesawat Terbang
Sesuai dengan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dan untuk memungkinkan
berkembang lebih pesat, dengan Keputusan Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara No.
488, 1 Agustus 1960 dibentuk Lembaga Persiapan Industri Penerbangan/LAPIP.
Lembaga yang diresmikan pada 16 Desember 1961 ini bertugas menyiapkan
pembangunan industri penerbangan yang mampu memberikan dukungan bagi
penerbangan di Indonesia.
Mendukung tugas tersebut, pada tahun 1961 LAPIP mewakili pemerintah
Indonesia dan CEKOP mewakili pemerintah Polandia mengadakan kontrak kerjasama
untuk membangun pabrik pesawat terbang di Indonesia. Kontrak meliputi
pembangunan pabrik , pelatihan karyawan serta produksi di bawah lisensi pesawat
PZL-104 Wilga, lebih dikenal Gelatik. Pesawat yang diproduksi 44 unit ini kemudian
digunakan untuk dukungan pertanian, angkut ringan dan aero club.
Perjalanan ini bertaut dengan didirikannya Lembaga Persiapan Industri
Pesawat Terbang (LAPIP) pada 1960, pendirian bIdang Studi Teknik Penerbangan di
ITB pada 1962, dibentuknya DEPANRI (Dewan Penerbangan dan Antariksa Republik
Indonesia) pada 1963. Kemudian ditindaklanjuti dengan diadakannya proyek
KOPELAPIP (Komando Pelaksana Persiapan Industri Pesawat Tebang) pada Maret
1965. Bekerjasama dengan Fokker, KOPELAPIP tak lain merupakan proyek pesawat
terbang komersial.
Sementara itu upaya-upaya lain untuk merintis industri pesawat terbang
telah dilakukan pula oleh putera Indonesia - B.J. Habibie - di luar negeri
sejak tahun 1960an sampai 1970an. Sebelum ia dipanggil pulang ke Indonesia untuk
mendapat tugas yang lebih luas. Di tahun 1961, atas gagasan BJ. Habibie
diselenggarakan Seminar Pembangunan I se Eropa di Praha, salah satu adalah
dibentuk kelompok Penerbangan yang di ketuai BJ. Habibie.
C. Dampak
1. Positif
Dalam hal penguasaan teknologi pembuatan pesawat terbang, bangsa
Indonesia dapat dikatakan telah berhasil mengurangi tingkat ketergantungan
teknologi kedirgantaraan pada negara lain. Keberhasilan pembuatan pesawat
terbang N-250, dan juga pesawat CN-212 dan CN-235 bersama CASA Spanyol,
merupakan bukti nyata keberhasilan Indonesia dalam mewujudkan penguasaan
teknologi pembuatan pesawat terbang
2. Negatif
Keberhasilan ini kurang diimbangi oleh keberhasilan dalam penguasaan
teknologi pembuatan satelit, roket dan wahana antariksa lainnya. Bangsa
Indonesia masih harus tergantung pada negara lain untuk penguasaan teknologi
antariksa dan roket. Hal yang sama juga terjadi pada teknologi pembuatan sistem
navigasi dan panduan terbang yang mutakhir. Untuk mencapai kemandirian bangsa
dalam penguasaan dan pengembangan teknologi pembuatan satelit dan roket yang
sekaligus akan mempertinggi daya saing bangsa dalam pengembangan teknologi
kedirgantaraan, maka tingkat ketergantungan teknologi kedirgantaraan dengan
negara asing harus semakin diminimalkan.
D. Manfaat Dan Kegunaan
Berkaitan dengan posisi geografis, geostrategis dan geopolitis yang
dimiliki oleh Indonesia maka kebutuhan akan perlindungan dan mempertahankan
kepentingan terhadap bumi, laut dan ruang udara di atas Indonesia dalam
lingkungan strategik global yang sangat dinamis mutlak dilakukan. Adanya
Infiltrasi satelit asing terhadap pemantauan wilayah serta sumberdaya alam di
Indonesia dan pencurian ikan senilai ratusan milyar rupiah per tahun oleh
kapal-kapal asing karena kurangnya pemantauan adalah salah satu masalah penting
yang harus dihadapi.
Disamping itu, masalah air blank spot area di kawasan timur Indonesia
yang menyebabkan mudah masuknya pesawat-pesawat asing ke dalam wilayah
Indonesia, masalah di wilayah perbatasan dan potensi masalah hankam nasional
lainnya tefah memberikan gambaran betapa pentingnya kebutuhan akan teknologi
dirgantara.
2.3 Teknologi Komunikasi Dan Informasi
A. Macam – Macam
1.Telephone
A. Fixphone
(deskphone)
yaitu alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan Tekan Nomor dengan
menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang
tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telphone ini adalah telpone yang
dipakai dirumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom.
B. Phone Celluler
Yaitu alat komunikasi tanpa kabel yang berupa pesawat celuler yang
bentuknya cukup kecil yang dapat dibawa pergi sampai keluar kota. Pesawat
celluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan .sering
disebut dengan handphone karena pesawat ini digunakan cukup ditaruh ditangan .
contoh Telephone jenis ini ada 2 macam, yaitu GSM seperti Mentari Simpati,Xl,
Matrik,dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia,Starone,Ceria adapun merek-merek yang
sering digunakan adalah Nokia, Siemens, Samsung, Sony Ericsson, dll.
C. Fixphone Celluler (Wirless Deskphone)
Yaitu perlatan komunikasi yang berbentuk telephone duduk tanpa kabel yang
dapat dipindah ketempat lain.Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan
khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.
2. Televisi
Yaitu sebuah media telekomuikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima
siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom maupun berwarna.
Sementara jenis dan ragam teknologi informasi dan komunikasi berbasis
internet yaitu,
1. Web
1. Web
Secara umum dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang
digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi,
suara, dan atau gabungan semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait , dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan halaman (hyperlink). Umumnya di Indonesia pencarian
informasi diakses melalui google ataupun wiki.
2. E - Mail
Sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur internet atau bisa juga
diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau
gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalu jaringan
internet . Era kekinian, e mail digunakan sebagai pengganti surat resmi,
ataupun sebagai media pengiriman tugas maupun dokumen-dokumen berbentuk soft
dari para pengguna.
3. E - Business
Mencakup adanya kolaborasi hubungan antara mitra bisnis, lowongan kerja,
pelayanan nasabah, dan sebagainya.
B. Upaya Pemerintah
Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi berkembang
pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk
mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia.
Kemerdekaan menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi
bagi masyarakat di Indonesia. Mereka mempelajari sedikit demi sedikit di
sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.
Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai
inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan di Indonesia.
Pembangunan bidang iptek pada PJPT II merupakan kesinambungan perluasan
dari PJPT I. Menurut GBHN 1993 sasaran pembangunan ekonomi PJPT II adalah
sebagai berikut:
- Tercapainya kemampuan
nasional dalam pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaan iptek yang
dibutuhkan bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, peradaban,
ketangguhan, dan daya saing bangsa.
- Terpacunya
pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menuju masyarakat
yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera yang dilandasi nilai-nilai
spiritual, moral dan etik berdasarkan nilai luhur bangsa serta nilai
keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk mencapai sasaran tersebut, maka arah pembangunan iptek adalah
sebagai berikut:
- Pemanfaatan
pengembangan dan penguasaannya dapat mempercepat proses pembaharuan.
- Meningkatkan
produktivitas dan efisiensi.
- Memperluas lapangan
kerja.
- Meningkatkan kualitas
harkat dan martabat bangsa serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Sedangkan kebijaksanaan iptek dalam Pelita VI pada PJPT II ada 5 sektor
sebagai berikut.
- Teknik Produksi :
Yaitu keseluruhan unsur yang turut berperan dalam kegiatan manusia yang
menghasilkan barang dan jasa.
- Sektor Teknologi :
Yaitu kemampuan teknologi dan rekayasa yang mendasari kemampuan bangsa
Indonesia dalam melakukan inovasi.
- Sektor Ilmu Pengetahuan
Terapan : Yaitu Ilmu pengetahun yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai
aspek kehidupan manusia.
- Sektor Ilmu
Pengetahuan Dasar : Yaitu ilmu pengetahuan yang menjadi landasan bagi
pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial, Humaniora, dan mendukung mutu
SDM.
- Sektor Kelembagaan
Iptek L: Yaitu iptek yang diarahkan untuk meningkatkan SDM agar lebih
produktif, kreatif, dan inovatif.
C. Dampak
1. Dampak Positif
a) Mempercepat Arus
Informasi
b) Mempermudah Akses
Terhadap Informasi Terbaru
c) Media Sosial
d) Membantu Individu
Dalam Mencari Informasi
e) Media Hiburan
f) Mepermudah
Komunikasi Dengan Individu Lainnya Yang Jauh
g) Sharing Dan Berbagi
File
h) Memiliki Banyak
Dampak Positif Dalam Dunia Pendidikan
i)
Sebagai Lokasi Untuk Bisnis Jual Beli
j)
Membantu Menyelesaikan Masalah Dengan Mudah
2. Dampak Negatif
a)
Individu Menjadi Malas Untuk Bersosialisasi Secara
Fisik
b)
Meningkatnya Penipuan Dan Juga Kejahatan Cyber
c)
Cyber Bullying
d)
Konten Negative Yang Berkembang Pesat
e)
Fitnah Dan Juga Pencemaran Nama Baik Secara Luas
f)
Menjauhkan Yang Dekat
g)
Mengabaikan Tugas Dan Juga Pekerjaan
h)
Mebuang-Buang Waktu Untuk Hal Yang Tidak Berguna
i)
Menurunnya Prestasi Belajar Dan Juga Kemampuan
Bekerja Seseorang
D. Manfaat Dan Kegunaan
Adapun manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia
adalah sebagai berikut :
1) Berkomunikasi
Menjadi Lebih Mudah Dan Cepat
2) Memudahkan Akses
Informasi
3) Mempersingkat Waktu
Dan Memangkas Biaya
4) Proses Perdagangan
Dilakukan Secara Elektronik
5) Transaksi Secara
Daring
7) Membantu Proses
Komunikasi Pemerintahan
8) Komunikasi Tanpa
Batas
9) Berbagi Informasi
Secara Efektif
10) Membuka Peluang
Untuk Dapat Bekerja Secara Daring
11) Membentuk Komunitas
Virtual
12) Memangkas Biaya
Komunikasi
13) Terciptanya Beragam
Alat Berteknologi Modern
14) Terciptanya
Lingkungan Yang Tanpa Kertas
15) Lingkungan Lebih
Terjaga
2.4 Teknologi Arsitektur Dan Konstruksi
A. Macam – Macam
Meskipun dari sudut dunia teknologi bangunan, apa yang dikaryakan oleh
teknisi-teknisi asing itu bukanlah hal yang terlalu baru atau istimewa di
negara mereka, namun bagi Indonesia arsitektur yang terwujud itu adalah sesuatu
yang baru.
1) Stadion Utama di Senayan yang dibangun
tahun 1958 umpamanya,adalah salah satu stadion yang terbesar di Asia Tenggara
dan stadion yang pertama mempunyai atap melingkar dan menutupi tempat duduk.
2) Kubah restoran
utama dari Hotel Indonesia, Jakarta, yang dibangun tahun 1960, adalah kubah
pertama di Indonesia yang dibangun dengan kontruksi cangkang (shell
construction). Kubah terbesar di Indonesia adalah kubah utama Masjid
Istiqlal, Jakarta. Kubah yang juga berukuran besar adalah kubah gedung
DPR / MPR.
Bangunan-bangunan lainnya yang tergolong proyek mercusuar di ibu kota
yang dimulai oleh Presiden Soekarno adalah Masjid Istiqlal, Monumen Nasional,
Gedung DPR / MPR, Gedung Pola, dsb.; masing-masing mempunyai kedudukan yang
unik.
3) Monas ( Monumen Nasional)
ü Mempunyai keunikan karena ukuran-ukurannya pangkal dari ‘angka suci’
17-08-1945
ü Puncaknya terbuat
dari emas
4) Gedung Pola
Gedung Pola , dari
segi sejarah tercatat terutama sebagai bangunan penggangti dari rumah di mana
Proklamasi Kemerdekaan diserukan pada tanggal 17 Agustus 1945.
ü bentuk fungsionil
untuk maksud pameran
ü tercatat terutama
sebagai bangunan pengganti dari rumah dimana Proklamasi Kemerdekaan diserukan
pada tanggal 17 Agustus 1945.
5) Masjid Istiqlal
Mesjid Istiqlal,
bangunan megah dengan skala raksasa, khususnya bagi ukuran- ukuran mesjid-mesjid
pada umumnya di Indonesia. Bukan saja membuat sejarah dalam dunia arsitektur
Indonesia sebagai mesjid terbesar se Asia Tenggara , tetapi juga sebagai
“pendobrak” konsep mesjid yang konvensional atau tradisional.
ü Megah Dan Raksasa.
ü Masjid Terbesar Di
Asia Tenggara.
ü Pendobrak Konsep
Masjid Yang Konvensional Atau Tradisional Seperti Yang Dikenal Masyarakat
Indonesia.
Pada saat – saat peralihan
politik dari Orde Lama menjadi Orde Baru, perkembangan arsitektur mengalami
kelambatan dan terhendak. Seperti Gedung Wisma Nusantara yang terbengkalai
selama kurang lebih 5 tahun sebelum akhirnya kembali diteruskan. Bangunan tersebut
mempunyai arti tersendiri bukan saja bagi Indonesia tetapi juga bagi Jepang.
Bangunan bertingkat 32 dan berangka baja adalah bangunan tinggi prototype.
Pada waktu gedung direncanakan
oleh Mitsui & Co.Ltd., di Jepang sendiri belum ada bangunan setinggi itu
karena pertimbangan gempa dan peraturan bangunan di Jepang belum mencangkupnya.
Baru setelah “keberanian” merealisasikan konstruksi bangunan tinggi tersebut di
Indonesia lah mereka di jepang memulai dengan pembangunan gedung – gedung
tinggi di Tokyo.
B. Upaya Pemerintah
Perhatian Presiden Soekarno
terhadap penonjolan nasionalisme di segala bidang - termasuk arsitektur -
sangat menentukan perkembangan selanjutnya. Bantuan-bantuan dari luar negeri di
bidang teknik datang dari berbagai pelosok dunia. Di samping itu,
kesempatan-kesempatan untuk menciptakan karya dimantapkan, dengan peranan utama
oleh Presiden Soekarno sendiri, dengan dibantu juga oleh arsitek Silaban dan
Sudharsono. Proyek-proyek mercusuar dibangun berurutan, mulai dari pendirian
patung-patung (untuk memperindah kota), monumen-monumen kejayaan, stadion olah
raga raksasa, dan gedung-gedung pemerintahan yang megah.
Semuanya dari yang ‘biasa’
sampai pada yang ‘luar biasa’. Beberapa bangunan perlu dicatat sebagai bangunan
yang bernilai sejarah karena bangunan tersebut merupakan sesuatu yang pertama
atau baru dan mempunyai kekhasan, serta mempengaruhi perkembangan gaya
arsitektur Indonesia di kota-kota lainnya, yaitu dalam bentuk peniruan yang
kemudian menjadi ‘mode’ secara nasional.
Menjelang Asean Games IV tahun
1962, ketika Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah,
kesempatan itu mengundang banyak teknisi dari luar negeri untuk menjadi
pendamping dan konsultan bagi teknisi Indonesia untuk berbagai macam proyek
pembangunan sipil dan arsitektur. Teknisi atau konsultan dari USA umpamanya
terlibat dalam pembangunan jalan raya termasuk termasuk jembatan Semangi;
teknisi dari atau konsultan dari Rusia untuk stadion olah raga, dari Denmark
untuk Hotel Indonesia, dari RRC untuk gedung pameran dan gedung DPR / MPR,
dan dari Jepang untuk Wisma Nusantara.
C. Dampak
a)
Memperhatikan hubungan antara ekologi dan
arsitektur, yaitu hubungan antara massa bangunan dengan makhluk hidup yang ada
disekitar lingkungannya, tak hanya manusia tetapi juga flora dan faunanya.
Arsitektur sebagai sebuah benda yang dibuat oleh manusia harus mampu menunjang
kehidupan dalam lingkugannya sehingga memberikan timbal balik yang
menguntungkan untuk kedua pihak. Pendekatan ekologis dilakukan untuk menghemat
dan mengurangi dampak – dampak negatif yang ditimbulkan dari terciptanya
sebuah massa bangunan, akan tetapi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.
Contoh terapannya yaitu, munculnya trend green design.
b)
Memberikan dampak pada estetika bangunan
c)
Dapat memberikan pemecahan masalah pada tata letak
bangunan atau kota.
d)
Memperhatikan kondisi lahan yang akan dibangun.
Sebagai contoh bila bangunan akan didirikan pada lahan yang memiliki
kemiringam, maka dengan pendekatan ekologis bisa dicarikan solusinya seperti
memperkuat pondasi, atau menggabungkan unsur alam pada lingkungan dengan
bangunan yang ada sehingga semakin estetis bangunan yang tercipta.
D. Manfaat Dan Kegunaan
1) Jadi alat bantu presentasi desain bangunan.
2) Alat bantu simulasi dan evaluasi
3) Sebagai penghubung atau jembatan dari proses
rancangan menuju tahap konstruksi.
4) Penerjemah informasi digital ke proses
pembangunan.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Adanya teknologi
baru dapat menciptakan kebudayaan yang baru pada masyarakat serta teknologi
sebagai pertanda kemajuan kebudayaan. Semakin berkembangnya teknologi dimana
informasi apa saja bisa masuk dalam kehidupan masyarakat kita, berarti ikut
serta mempengaruhi tergesernya nilai-nilai budaya Indonesia ini. Banyak
masyarakat Indonesia, terutama generasi muda kebanyakan lebih suka terhadap
budaya asing ketimbangkebudayaan Indonesia sendiri. Hal ini menuntut kita untuk
lebih waspada dalam menerima budaya luar/asing.Perkembangan teknologi tentu
membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan
itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Ilmu pengetahuan dan
teknologi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya. Teknologi sendiri
dapat muncul dari ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dari zaman ke zaman.
Namun, pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya
mempunyai dampak positif maupun negatif.
Dari dampak negatif
yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi ini adalah terciptanya
sifat dan sikap ketergantungan kepada teknologi yang semakin canggih sehingga
banyak orang yang mulai melupakan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Indonesia.
Sebagai salah satu contoh, anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain dengan
gadget canggih dibandingkan dengan permainan tradisional yang merupakan salah
satu kebudayaan Indonesia. Dengan hal tersebut, maka anak-anak tersebut tidak
dapat mengenal bahkan melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia sejak
dahulu.Berbagai informasi yang terjadi diberbagai dunia kini telah dapat
langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Tentu kemajuan
teknologi ini menyebankan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat
manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga
memberikan dampak yangbegitu besarterhadap transformasi nilai-nilai yang ada
dalam masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti
Indonesia. Saat ini di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh
kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat. Baik
masyarakat perkotaan maupun perdesaan.
Kemajuan teknologi
seperti televisi, telepon dan telepon genggam atau yang sering disebut
dengan gadget bukan hanya melanda masyarakat kota namun juga
telah dapat dinikmati oleh masyarakat-masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya segala informasi baik yang berniali positif maupun negatif dapat
dengan mudah diakses oleh masyarakat. Dan diakui atau tidak perlahanlah mulai
mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat
perdesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
Situasi ini telah memengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat, terutama di
kalangan remaja.
3.2
Saran
Penulis menyadari
bahwa hasil makalah ini belum lengkap
dan masih jauh dari pengharapan, Hal ini disebabkan karena keterbatasan ilmu
dan literatur yang penulis miliki pada saat ini. Penulis sangat mengharapkan
kritikan terutama dari pembaca dan teman-teman. Adanya kritikan yang membangun yang bisa melengkapi makalah ini di masa
mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
7 comments:
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)
Halo semuanya, ini adalah Cara mendapatkan pinjaman darurat sebesar € 30.000 dalam 24 jam untuk memulai bisnis saya sendiri dari layanan online pinjaman internasional, hubungi email perusahaan untuk pemrosesan pinjaman Anda jika Anda tertarik:
email: atlasloan83@gmail.com
WhatsApp: +1 (443) -345-9339
Numpang promo ya Admin^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^
KABAR BAIK!!!
Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Email Perusahaan ::::::: rikaandersonloancompany@gmail.com
Rika Anderson Whatsapp ::::::::: +19147057484
Testifier ::::::: Sharifah Isfahann
Negara ::::::: Malaysia
Akun ambank ::::::: 09-12012-006-337
Testifier :::::: +60133301368
Email ::::::: sharifahisfahann54@gmail.com
Suami saya dan saya ingin menggunakan media ini untuk bersaksi tentang perbuatan baik "RIKA ANDERSON LOAN COMPANY", pemberi pinjaman yang tergabung dalam "USA" yang menawarkan pinjaman internasional dalam hitungan menit ke semua negara Eropa, Afrika, dan Asia.
Nama saya Sharifah Isfahann dan saya meluangkan waktu untuk bersaksi. Mereka menawarkan pinjaman $ 45.000 pada 2% dan dalam waktu 24 jam. Saya melihat kesaksian online dari Murniati Sip di blog melalui email murniatisip54@gmail.com tentang RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya menghubungi Eloky Cahyono melalui facebook dan email elokycahyono@gmail.com jadi saya memutuskan untuk menghubungi dan memproses pinjaman saya ditransfer ke akun Ambank saya di Malaysia.
Suami saya dan saya memiliki hutang besar dengan debitor dan bank dan kami mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang berbeda tetapi semuanya datang ke penipuan, sebaliknya mereka membawa kami ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan kami untuk istirahat sampai saya bertemu dengan Ibu RIKA PERUSAHAAN ANDERSON LOAN COMPANY dan mereka menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya khawatir itu akan berakhir seperti perusahaan lain tetapi saya salah.
Sekarang kami akhirnya menyelesaikan hutang kami dan memulai bisnis baru dengan sisa uang dari pinjaman. Saya sangat menyarankan semua orang di sini di internet yang mencari pinjaman luar negeri untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di email.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Email Perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com
Rika Anderson Whatsapp: +19147057484
Penguji: Sharifah Isfahann
Negara: Malaysia
Akun ambank: 09-12012-006-337
Testifier +60133301368
sharifahisfahann54@gmail.com
Negara::::::[Malaysia]
Nama:::::[Merissa Ahmed]
Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan sehingga saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya ialah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberi pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai tahap tertentu tetapi saya tidak pernah putus asa sehingga saya melalui blog dan juga media lain saya mempunyai peluang untuk menemui [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya berasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya harus mengambil risiko satu kali yang akhirnya membawa kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar memohon pinjaman sebanyak [RM 450K] dalam masa 24 jam proses pembayaran berjaya dilakukan. Keseluruhan proses ini boleh dipercayai dengan jujur dan boleh dipercayai, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh dipercayai @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah::
[financialserviceauthority400@gmail.com]
Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pertanyaan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: [merissaahmed11@gmail.com]
Negara::::::[Malaysia]
Nama:::::[Merissa Ahmed]
Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
Post a Comment